SMK Negeri 1 Kusan Hilir memiliki program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) sejak tahun 2011. Kurikulum yang dilaksanakan di program keahlian TKJ di tahun 2019 ini semua perasal dari Dinas Pendidikan yang mengacu pada SKKNI. Mata pelajaran yang dilalui siswa TKJ bervariasi mulai dari Jaringan Dasar hingga Administrasi Server dalam Jaringan.

Dalam era persaingan global persaingan untuk mendapat pekerjaan maupun melanjutkan studi ke universitas ternama akan semakin sulit. Untuk mengatasi hal tersebut, pihak sekolah perlu lebih ‘kreatif’ lagi agar bisa mencetak lulusan lebih berkualitas dari sekolah lain agar bisa diterima di perusahaan atau universitas ternama. mengadakan pelatihan atau sertifikasi untuk siswa merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas lulusan di SMKN 1 Kusan Hilir sehingga lulusan sekolah ini bisa lebih baik dari sekolah lain.

MikroTik Academy adalah sebuah program yang disiapkan untuk jalur pendidikan, yaitu Politeknik / Universitas / Sekolah Kejuruan dan sejenisnya untuk mempelajari MikroTik. Kelas MikroTik akan banyak menggunakan LAB-Komputer layaknya pelatihan atau sertifikasi dan akan terdapat ujian untuk mengukur seberapa jauh kemampuan yang dimiliki siswa. Tujuan dari MikroTik Academy adalah sekolah dapat mengadopsi kurikulum MTCNA kedalam kegiatan belajar mengajar serta memberi nilai tambah bagi Sekolah dan bila disetujui Sekolah dapat mengadakan Sertifikasi Internasional.

Pada tanggal 19 sampai 24 NOvember 2018, SMKN 1 Kusan Hilir telah mengirim salah satu guru TKJ bernama Abdul Aziz, S.Kom untuk mengikuti training dan sertifikasi MTCNA dan MTCRE angkatan ke-19 di SMK IDN Bogor Jawa Barat. Guru yang kami ikutkan training dan sertifikasi tersebut telah lulus ujian MTCNA dan MTCRE dengan nilai lebih dari 75 poin. Dengan begitu maka Bapak Bagus Prawira berhak untuk menjadi trainer MTCNA di SMKN 1 Kusan Hilir dan mendirikan MikroTik Academy.

Seluruh siswa Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan akan diikutkan dalam training dan sertifikasi MTCNA sebelum kelulusan. Seluruh siswa tersebut akan dilatih terlebih dahulu selama 3 hari dengan materi-materi dari MTCNA Outline. Setelah menjalani training selama 3 hari, seluruh siswa akan diikutkan ujian MTCNA atau MTCNA Exam dan bagi siswa yang lulus akan mendapat Sertifikat Internasional MTCNA.